• MTS NEGERI AMBON (MATSANEBA)
  • "Together We Build, Together We Can"

PEMILIHAN KETUA & WAKIL KETUA OSIS MTs NEGERI AMBON MASA BAKTI 2021-2022

MATSANEBA - Organisasi Siswa Intra Sekolah atau biasa disebut OSIS merupakan salah wadah berkegiatan peserta didik serupa lembaga eksekutif dalam sebuah negara. Pemilihan ketua OSIS selalu semarak, selayaknya pemilihan presiden atau kepala daerah. Sebuah pesta demokrasi yang selalu dinanti.

Hal yang sama juga dirasakan di MTs Negeri Ambon. Walaupun pandemi tengah melanda, hal ini tidak menjadi kendala, karena Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS diadakan secara Online. Pada Jumat (12/02/2021), Panitia Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS menyelenggarakan kegiatan pemilihan ketua OSIS dengan di awali dengan beberapa tahapan antara lain, proses pencalonan secara online dan terjaring 53 calon ketua dan wakil ketua OSIS, selanjutnya mereka mengikuti proses seleksi yang dilakukan oleh panitia penyelenggara pemilu yang disebut Komisi Pemilihan Osis (KPO) dan menghasilkan tiga pasangan calon sebagai berikut:

Pasangan Calon Nomor Urut 1 :

  • Agni Amelia Pratista Rumalesin (Calon Ketua Osis)
  • Zahra Ithiyah Soamole (Calon Wakil Ketua Osis)

Pasangan Calon Nomor Urut 2 :

  • Syarifa Najma Almahdali (Calon Ketua Osis)
  • Syawa Aulia (Calon Wakil Ketua Osis)

Pasangan Calon Nomor Urut 3 :

  • Muhammad Fachturrahman Soamole (Calon Ketua Osis)
  • Marsya Drufalam (Calon Wakil Ketua Osis)

Setelah dilakukan penetapan pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Osis (KPO) maka tahapan selanjutnya yaitu peserta melakukan penyampaian Visi dan Misi yang dilakukan secaraOnline melalui Aplikasi Google Meet dan juga secara langsung pada Aula MTs Negeri Ambon dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah tepatnya pada hari Kamis (11/02/2021) yang dihadiri langsung oleh Bapak Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Bapak Abdul Karim Kilrey, S.E, menurut Kepala Seksi bahwa kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang sangat positif dan sekaligus memberikan pembelajaran kepada anak didik tentang bagaimana belajar menjadi pemimpin yang nantinya kedepan mereka bisa menjadi orang hebat dan tidak menutup kemungkinan juga bisa menjadi pemimpin dimasa mendatang.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis selanjutnya dilakukan pada hari jumat (12/02/2021) dimulai pukul 08.00 WIT melalui online dan dengan jumlah pemilih sebanyak 1135 pemilih.

Langkah-langkah yang ditempuh peserta didik untuk menggunakan hak pilih tidak rumit. Para siswa akan diberikan link yang disiapkan oleh pihak KPO Setelah itu, mereka bisa memilih kandidat dengan mengakses http://gg.gg/suratsuara_pilketosmatsaneba

Pada tahapan ini walaupun dilakukan secara online namun antusias pemilih bisa dikatakan cukup tinggi karena dari jumlah DPT pada data KPO dengan jumlah 1135, pemilih yang menggunakan hak pilih sebanyak 618 pemilih dan yang tidak menggunakan hak pilih sebanyak 517 pemilih. Dari jumlah pemilih yang menggunakan hak pilih diperoleh jumlah suara sah sebanyak 506 suara dan suara tidak sah sebanyak 112 suara.

Berdasarkan hasil pemilihan yang dilakukan secara online, berdasarkan data masuk pada petugas KPO Pemilu Ketua dan Wakil Ketua OSIS MTs Negeri Ambon tercatat perolehan suara untuk paslon nomor urut 1 Agni Amelia Pratista Rumelasin dan Zahra Ithiyah Soamole sebanyak 299 suara (47,1 %), paslon nomor urut 2 Syarifa Najma Almahdali dan Sya Aulia sebanyak 171 suara (26.9 %) dan paslon nomor urut 3 Muhammad Fatuurrachman Sahupala dan Marsya Drufalam sebanyak 165 suara (26 %).

“Alhamdulillah, pemilihan ketua OSIS dapat berjalan dengan lancar; tingkat partisipasi ananda juga cukup tinggi,” ungkap Nasit Marasabessy, S.Ag, Kepal MTs Negeri Ambon.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kali ini sudah cukup baik dengan tetap mengutamakan Protokol Kesehatan COVID-19.

Semoga momentum Pemilos ini bisa dijadikan ajang pembelajaran politik dan berdemokrasi secara sehat bagi teman-teman dan siswa MTs Negeri Ambon, dan juga sebagai penegasan bahwa politik sebenarnya bukan hal yang tabu untuk dibahas dan dipraktikkan. Pemilos tahun ini juga sebagai ajang regenerasi dan penyegaran kepemimpinan di OSIS MTs Negeri Ambon. Semoga kandidat yang terpilih adalah orang yang amanah dan berintegritas yang nantinya dapat memberikan terobosan-terobosan cemerlang untuk kebaikan madrasah. (TKM/MA).

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Wakili KaKanwil Agama Provinsi Maluku. Rusdi Latuconsia Buka Workshop Madrasah Digital dan MGMP MTS Negeri Ambon di Ever Bright Hotel.

      Menyambut tahun ajar baru 2024-2025 MTs Negeri 1 Ambon menyiapkan segala upaya demi menerapkan pembelajaran berbasis digital menuju madrasah digital. Hari ini 5 Jun

05/06/2024 10:25 - Oleh Administrator - Dilihat 150 kali
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI TAHAP I (MAPEL AGAMA) PPDB MTs NEGERI AMBON TP. 2021/2022

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Tahap 1 (Mapel Agama) MTs Negeri Ambon Tahun Pelajaran 2021-2022. Surat Keputusan tentang hasil seleksi PPDB dan Daftar Peserta dapat di Unduh di sini: Lin

26/04/2021 15:03 - Oleh Administrator - Dilihat 3189 kali
PPDB MTs Negeri Ambon

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Negeri Ambon (Kebun Cengkeh) dan MTs Negeri Ambon Fillial Air Salobar.

15/04/2020 14:09 - Oleh Administrator - Dilihat 3172 kali
Tiga Siswa/Siswi MTsN Ambon Raih Juara Olimpiade Sains MIPA UNPATTI 2020

Info Matsaneba: Tiga pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Ambon berhasil menjuarai lomba Olimpiade Matematika dan IPA (MIPA) tingkat SMP/MTs se- Maluku. Kedua pelajar adalah Zulfahm

15/04/2020 14:09 - Oleh Administrator - Dilihat 2039 kali
TIME SCHEDULE PPDB MTsN AMBON TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Sehubungan dengan akan berakhirnya Tahun Pelajaran 2019/2020, dan akan dilaksanakannya penerimaan peserta didik baru pada MTs Negeri Ambon Tahun Pelajaran 2020/2021, maka kami sela

15/04/2020 14:09 - Oleh Administrator - Dilihat 2678 kali